Jumat, 6 Juni 08

Melihat hal yang menarik hari ini. Contoh soal yang ada di presentasi dari Dr Beer ternyata lebih menarik dari yang kukira. Selain failure probability nya kecil sekali (10e-5), ternyata soal ini melibatkan discontinuous intermediate failure domain. Failure domain nya sendiri continuous, tapi intermediate failure domainnya discontinuous. Sehingga kalau seed nya tidak terletak di intermediate domain yang tepat, habislah subset nya. Mau di subset sampai ribuan kali juga ga bakal dapet sample yang fail. Meskipun hal ini belum memberikan ide yang spesifik, tapi cukup senang melihat hal yang menarik. Juga dari plot 3D sampelnya, jadi melihat hal2 yang selama ini tidak terlihat dengan hanya mengeplot 2D. Memang benar kata Fr Richards, manusia itu butuh mengerti lewat indra, tidak hanya lewat pikiran saja.

Jumat pertama bulan Juni. Ikut Adorasi di Holy Cross. Temanya Roti Hidup. Akulah Roti Hidup, Tuhan Yesus berkata. Barangsiapa memakan Roti Hidup, beroleh hidup kekal. Sebuah kalimat dari lagu Benediction terus terngiang: faith all defects supplying, when our feeble senses fail. Pulang dari gereja, sempat menonton film Cinderella III produksi Disney. Tidak sebagus Cinderella yang diproduksi Disney th 1950, tapi masih cukup ok. Mengherankan betapa di usia 23 tahun aku masih mendapatkan kesenangan yang sama dari film-film Disney seperti dulu di masa kecil.

Sabtu,7 Juni

Hujan deras dari pagi hingga sore. Di rumah saja, menyetrika dan menyapu. Membaca 1 kasus Holmes. Senang juga, sudah lama tdk membaca Holmes. Holmes ditulis pada masa yang sama dengan Apologia, sekitar akhir abad ke 19, Inggris pada masa Victoria. Entah kenapa, aku senang membaca cara penulisan, gaya bahasa, dan sekilas kehidupan masa itu. Rasanya ada sesuatu yang indah, yang penting, yang ada pada masa itu, dan terhilang di tengah kesibukan dan keributan kehidupan kita di masa serba canggih ini. Duh, I’m talking like a 80 years old grannny. Sedikit merasa bersalah karena tidak bekerja hari ini. Chris badminton pagi2. Sore kami ke Holy Cross lagi. Datang pas2an karena sempat mencari2 EZ link ku yang kesingsal. Tema hari ini adalah iman, kasih, dan korban. Bacaannya dari Hosea (Tuhan berkata, what I want is love, not sacrifice); Ibrani (Abraham had faith in God, and his faith is considered as justifying him); Injil Matius (Tuhan Yesus datang untuk orang berdosa, bukan untuk orang benar). Yang kudapat hari ini: imanlah yang akan memampukan kita untuk mempercayai apa yang tampak tidak masuk akal atau tak terjangkau (seperti mendapat topik thesis misalnya?); iman itu pula yang mendorong kita untuk bertindak dan bekerja (terus mengerjakan research dengan setia, misalnya?); dan iman itu yang mendorong kita untuk membawa orang2 lain pada Juruselamat (seperti Matius yang membawa teman2nya sesama pemungut cukai datang pada Tuhan Yesus).

Malam ini ke Vivo, mencari tas untuk hadiah ultahku. Jadi malu, karena bbrp hari sebelum ini di saat aku sedih memikirkan research, aku jadi mengeluh ke Chris knp dia tidak memberi kado. Malu karena seperti gadis yang manja dan merengek2. Dapet tas yang cukup feminin🙂 Ia dengan lembut berkata, kalau pengin apa-apa bilang ya. Senang, senang. Bukan karena tasnya, tetapi karena perhatiannya. Bersyukur atas temanku seiring (seperti istilah Kahlil Gibran di surat cintanya pada May Ziadah). Masalah tetap ada, memang; tapi tidak sendirian menjalaninya.